Jumat, 17 Juni 2016

Persiapan mudik cara mengganti roda mobil



Hai gaes ketemu lagi nih, hari ini kita akan membahas tentang cara mengganti roda pada mobil. Hemm mungkin sebagian orang hanya menganggap remeh pekerjaan ini, namun tanpa roda mesin mobil sebagus apapun tidak akan bisa berjalan kan. Oleh karena itu 99otoinfo.blogspot.co.id kali ini akan membahas tentang hal yang sederhana ini namun besar pengaruhnya.
Roda merupakan penggerak terakhir pada kendaraan darat, pada saat kita berkendara roda turut memberikan pengaruh dalam kenyamanan berkendara, jika saat anda dalam perjalanan jauh semisal mudik lebaran atau dinas keluar kota mengalami ban bocor dan anda tidak tahu dimana bisa menemukan bengkel atau semacamnya. Dengan membaca artikel ini semoga bisa membantu anda dalam mengganti roda.
Agar anda tidak kebingungan atau melakukan dua kali kerja sebaiknya anda melakukan pekerjaan ini sesuai dengan S O P.




BERIKUT INI ADALAH URUTAN CARA MENGGANTI RODA MOBIL DENGAN BAIK DAN BENAR :
1. Segera parkir mobil anda ditempat yang kira-kira tidak mengganggu pengguna jalan yang lain, rem parkir mobil anda dan beri tanda ini di belakang mobil anda agar pengguna jalan yang lainnya menghindari mobil anda.
2. Siapkan dongkrak, roda cadangan dan kunci roda yang pas untuk baut mobil anda(Tips : jika kunci ring anda kebesaran sedikit, lapisi bagian dalam kunci roda anda dengan kain) dan ban cadangan.

                 




3. Jika semua alat yang perlukan untuk mengganti roda sudah tersedia, mari kita mulai dengan berdoa kepada Yang Maha Kuasa agar diberi keselamatan.
4. Kendurkan sedikit mur roda yang akan diganti kira-kira satu putaran/ulir mur(Tips:kendurkan mur roda secara menyilang agar velg roda tidak mengalami kebengkokan)




5. Letakan dongkrak tepat dibawah as roda yang akan diganti lalu dongkrak mobil anda. 
6. Kendurkan lagi mur roda sekitar dua putaran/ulir secara menyilang,setelah itu Kendurkan mur sampai lepas secara menyilang. 
7. Lepaskan roda lalu ganti dengan roda yang baru
8. Pasang mur kembali ke roda lalu kencangkan sedikit demi sedikit secara menyilang sampai kencang. 
9. Turunkan mobil anda lalu singkirkan dongkrak, setelah itu kencangkan lagi mur roda secara menyilang seperempat hingga setengah putaran.


Selamat anda telah selesai mengganti roda anda, sekarang anda dapat melanjutkan perjalanan anda kembali. Melakukan perjalanan menggunakan mobil memang menyenangkan dan nyaman karena jika hujan tidak kehujanan jika panas tidak kepanasan
. Btw mobil apapun yang kita kendarai kita selayaknya mematuhi rambu lalu lintas dan menghormati pengguna jalan yang lain. Sekian tips/cara mengganti roda pada mobil dari 99otoinfo.blogspot.co.id . kita akan bahas info seputar otomotif lainya di postingan yang berikutnya. Jangan lupa untuk kasih kritik, saran dan komentar. Dan jangan lupa follow/ikuti terus 99otoinfo.blogspot.co.id yah. See ya(sampai jumpa) :) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar